30 September 2009

Kedermawanan Rasulullah Muhammad SAW

Ibnul Qayyim berkata ketika mensifati Rosululloh dlam hal kedermawanannya.
Beliau adalah manusia yang paling banyak sedekahnya dengan apa saja yang beliau miliki. Beliau tidak pernah menganggap banyak apa yang beliau berikan karena ALLOH SWT, tidak juga meremehkannya. Tidak pernah ada seseorang yang meminta sesuatu kecuali beliau memberikannya, baik sedikit maupun banyak. Pemberian beliau adalah pemberian seorang tidak takut miskin. Memberi dan sedekah adalah sesuatu yang sangat beliau sukai. Bahkan kegembiraan beliau melebihi kegembiraan orang yang menerimanya. Beliaulah orang yang paling pemurah. Tangan kanannya ibarat angin yang bertiup(ringan memberi).

Apabila beliau melihat ada seseorang yang membutuhkan maka beliau mengutamakan orang itu daripada dirinya sendiri. Kadang dengan makanannya, kadang dengan pakaiannya. Beliau memvariasikan pemberiannya, kadang dengan hibah, kadang dengan sedekah(kepada orang-orang miskin), kadang dengan hadiah kepada kawan dan kerabat), kadang dengan membeli sesuatu kemudian memberikan kepada penjualnya harga sekaligus barang yang telah dibelinya.
Terkadang beliau hutang sesuatu kemudian membayarnya dengan yang lebih banyak dan lebih besar dari hutangnya. Sering beliau membeli sesuatu kemudian membayar lebih dari harganya. Beliau biasa menerima hadiah kemudian membalasnya dengan sesuatu yang lebih banyak bahkan berlipat-lipat dari apa yang beliau terima. Sedekah yang beliau berikan tidak hanya dengan apa yang beliau miliki, tapi dengan kata-kata dan sikapnya. Beliau memberikan dengan apa yang ada di sisinya, mengajarkan orang lain untuk bersedekah dan memotivasi, menyeru kepadanya dengan keadaan dan perbuatannya. Sehingga seandanya ada orang yang bakhil lagi kikir melihat beliau, maka keadaan beliau mendorongnya untuk memberi. Siapapun yang bergaul dan bersahabat dengan beliau, maka dia akan bersifat dermawan dan pemurah.
Petunjuk beliau menyeru kepada kebaikan dan ma’ruf, oleh karena itu beliau adalah manusia yang paling lapang dadanya, paling baik jiwanya dan paling senang hatinya. Karena bersedekah dan berbuat baik itu memiliki pengaruh yang ajaib untuk melapangkan dada, ditambah lagi dengan apa yang telah ALLOH SWT khususkan bagi beliau berupa kelapangan dada dengan anugerah kenabian dan kerasulannya.
Kedermawaan beliau membuat hati yang kasar menjadi luluh, bahkan sampai memeluk Islam. Rosululloh mengajarkan kepada para sahabat bahwa sedekah tidaklah membuat harta seseorang menjadi berkurang bahkan setiap hari ada dua malaikat turun dari langit, salah satu malaikat berdoa seperti ini,” Ya Alloh berilah ganti bagi orang yang berinfak”, sedangkan malaikat yang satu lagi, ”Ya Alloh, berilah penyusutan pada orang yang menahan hartanya.”(HR. Bukhari Muslim)
Rosululloh berinfak di kala tidak punya, dan memberi walaupun dalam kefakiran. Beliau mengumpulkan harta rampasan kemudian membagi-bagikannya pada saat itu juga dan beliau tidak mengambilnya barang sedikit pun. Hidangannya tersaji untuk siapapun yang singgah. Beliau berinfak, dan memberi makan orang yang lapar dari makanannya. Beliau mengutamakan orang yang membutuhkan dengan tangannya sendiri, beliau melapangkan siapapun yang membutuhkan dengan apa yang ada di sisinya, dan beliau selalu mendahulukan orang lain dari dirinya sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar